Cari Blog Ini

Visit Indonesia 2011

Acara Hari Ini

Acara Hari Ini
Waktu dan Tempat: Ahad, 19 Juni 2011 @JEC (Jogja Expo Center)

Rabu, 01 Desember 2010

UNY BERHASIL MEMBORONG EMAS PADA KOMPETISI MOBIL NASIONAL

Bogi Power Car karya Mahasiswa UNY
3boysofsmandela.blogspot.com - UNY berhasil  menjadi Juara Umum I dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Nasional (KMLI) ke-2 yang diselenggarakan oleh DP2M DIKTI dengan Politeknik Negeri Bandung sebagai tuan rumah yang berlangsung dari tanggal 19-22 November lalu.  Bogi Power Car,  nama mobil listrik tim UNY,  yang mirip gokart dengan body merah menyala ini berhasil menyabet 3 emas dan 1 perunggu dari lima bidang yang diperlombakan unggul dari Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) sebagai juara umum II dan Politeknik Caltex Riau sebagai juara umum III. Tim mobil listrik UNY merupakan kolaborasi dari FT dan FMIPA dengan komando Brilian Prasetyo (FT) dan beranggotakan Rizki Edi (FT), Nirmala Adhi Yoga (FT), Tafakur (FT), Yuni Nurfiana (FMIPA) dan Esy Purwaningtyas (FMIPA) serta Pembimbing Pujianto, M.Pd.

Menurut Brilian Prasetyo, KMKLI memperlombakan lima bidang yang meliputi uji tanjakan, uji akselerasi, uji pengereman, uji waktu tempuh, dan uji efisiensi. Mobil listrik UNY dari pertama sudah menyedot perhatian publik mulai dari ketika perlombaan belum dimulai. Hal ini dikarenakan ukuran mobil listrik UNY yang lebih besar dari mobil Universitas lain, selain itu juga body mobil yang dirancang sedemikian rupa, dan panel-panel kemudi serta keamanan telah lengkap terpasang secara rapih menjadikan mobil ini tampak gagah. Terbukti Bogi Power Car  mampu meraih 3 emas masing-masing dari uji tanjakan, uji akselerasi, dan uji efisiensi serta 1 perunggu dari uji pengereman. Lanjutnya, Mobil Bogi Power car merupakan prototipe dari mobil listrik, dengan dimensi lebar 128 cm, panjang 180 cm, dan tinggi 120 cm dengan berat 144 Kg. Mobil tersebut menggunakan empat buah baterai 12 V, 40 Ah seperti baterai/Aki yang digunakan di mobil pada umumnya. Sumber penggerak yang digunakan pada mobil tersebut adalah tiga buah dynamo DC tanpa sikat, dengan daya 4500 Watt secara kontinyu dan secara sesaat mampu mencapai 5200 watt setara dengan sepeda motor dengan kekuatan tujuh tenaga kuda. Mobil ini memiliki kecapatan maksimum 55 km/jam dengan jarak tempuh 46 km. Mobil ini dibuat dari bulan februari 2010 dan hingga saat ini sudah dilakukan tiga kali pengembangan. Menurut tim Mobil Listrik UNY teknologi yang dikembangkan pada mobil ini adalah teknologi elektronika dan teknologi otomotif sehingga didapatkan sebuah mobil listrik yang berkecepatan tinggi, bertenaga, mudah dikendarai dan terjamin keamanannya.

Prestasi yang memuaskan ini merupakan  penggabungan dari semangat, kreativitas, inovasi, kerjasama dan strategi yang telah dirancang bersama secara matang. Keberhasilan tersebut juga tidak lepas dari dukungan  pihak UNY yang memberikan fasilitas kepada tim, juga tidak lepas dari bantuan Wahyu Arief Budiman, dan Dwi Hermayantiningsih yang merupakan alumni UNY.

posted by: poster website UNY
forwarded by: hamdan 3boys
© 2010 - 3 boys information

Tidak ada komentar:

Posting Komentar