Cari Blog Ini

Visit Indonesia 2011

Acara Hari Ini

Acara Hari Ini
Waktu dan Tempat: Ahad, 19 Juni 2011 @JEC (Jogja Expo Center)

Sabtu, 25 September 2010

KULINER-KULINER KHAS KOTA CIREBON

3boysofsmandela.blogspot.com - Selamat pagi, siang, sore, malam para pembaca setia blog saya yang saya cintai. Dalam sebuah perjalanan atau ketika berlibur di objek wisata tertentu, pastilah tidak hanya ingin menikmati suasana dari objek wisata tersebut. Sudah pasti tujuan berlibur adalah untuk melepas kejenuhan selama bekerja atau aktivitas sehari-hari yang sangat melelahkan, ingin mencari suasana yang baru ketika selama berada di tempat kerja kita selalu merasa jenuh, atau bahkan ingin merekatkan hubungan keluarga agar selalu tercipta keharmonisan dan juga mungkin ingin juga mencicipi berbagai kuliner-kuliner khas dari daerah objek wisata yang kita kunjungi. Berlibur di tempat wisata tidak cukup. Berlibur dengan mencicipi berbagai kuliner khas dari daerah objek wisata itu memiliki rasa yang berbeda.

Disini saya akan menghadirkan makanan-makanan khas yang mungkin tidak pernah dijajali atau mungkin pernah dijajali oleh Anda semua, yaitu makanan-makanan khas dari Cirebon. Anda tahu Cirebon bukan? Pasti Anda tahu kota yang terkenal dengan sebutan kota udang ini. Pasalnya, mungkin ketika dalam suasana mudik ataupun suasana libur, kota ini selalu dilintasi oleh para pemudik ataupun masyarakat yang ingin berlibur ke suatu tempat yang melewati kota itu. Dengan letaknya di antara perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, kota ini sangat banyak sekali memiliki makanan-makanan khas yang mungkin tidak dapat Anda temukan di kota-kota lain. Dan juga letaknya yang berada pada pantai utara pulau Jawa, tidaklah juga diragukan bahwa sedikit dari makanan-makanan khasnya berasal dari laut. Untuk perkembangan wisata disana memang masih sangat belum terkenal dibandingkan kota-kota lain yang mungkin tidak menjadi tujuan wisata ketika berlibur. Meskipun begitu, kota Cirebon tetap menjadi primadona Jawa Barat dengan selalu memberikan kepuasan para pelancong atas makanan-makanan khasnya. Dengan tidak lama lagi saya akan tunjukan kepada Anda semua apa saja makanan-makanan khas yang dimiliki oleh kota Cirebon.

MAKANAN-MAKANAN KHAS KOTA CIREBON

1. NASI JAMBLANG


    Kuliner yang satu ini mungkin tidak dapat ditemukan di kota-kota lain. Karena mungkin pada kuliner yang satu ini terdapat banyak pilihan lauk yang dapat dipilih oleh para penikmatnya. Dan juga dengan dibungkus dengan daun jati yang menjadi ciri khas dari makanan khas itu, sehingga disebut dengan Nasi Jamblang. Jamblang adalah sebutan bagi pohon jati bagi masyarakat Cirebon.
Nasi jamblang beserta lauk-lauknya
Pilihan lauk yang dapat dipilih oleh Anda ketika ingin menikmati kuliner ini adalah:
  1. Dendeng sapi
  2. Hati sapi
  3. Hati ayam
  4. Balakutak (Blekutak)
  5. Paru sapi goreng
  6. Goreng udang tusuk
  7. Goreng usus tusuk
  8. Telur puyuh tusuk
  9. Telur dadar
  10. Tempe
  11. Tahu
  12. Ikan tongkol goreng
  13. Oncom goreng
  14. Sayur teri kecap
  15. Perkedel kentang
  16. Cemplung (perkedel ikan teri)
  17. Sayur tahu kecap
  18. Ikan asin
  19. Sambal goreng
Beberapa lauk pilihan itu dapat kita gabungkan ke dalam daun jamblang yang kita pesan dulu nasinya. Rasakan apa bedanya lauk yang dimiliki dari nasi jamblang tersebut. Tidakkah lidah anda bergoyang? JJJ

2. NASI LENGKO
    Kuliner yang satu ini juga tidak kalah enaknya dengan nasi jamblang tadi. Karena yang ditawarkan kuliner ini sangatlah berbeda juga. Kuliner yang berisi nasi juga dengan tambahan sayur-sayuran dan taburan kucai dan bawang yang khas dari kota Cirebon, terasa sangat berbeda di lidah. Juga dengan ditambahkan kecap dan sambal kacang yang mampu membuat lidah anda ketagihan untuk memakannya.
Nasi Lengko
Di dalam satu piring ini, Anda bisa merasakan betapa enaknya buatan tangan pedagang yang menjajalinya. Karena makanan yang satu ini tidak bisa Anda temukan selain di kota Cirebon.


3. DOCANG
    Makanan khas yang satu ini juga tidak kalah dengan makanan-makanan khas yang lainnya. Melengkapi daftar makanan khas yang hanya ada pada tangan-tangan masyarakat Cirebon ini. Makanan khas ini berisi lontong dan kuah oncom (dage) yang biasa dicampur dengan parutan kelapa yang tak dapat dipisahkan. Dan juga berisi tauge, daun singkong atau daun pepaya, dan krupuk khas Docang. Tak usah khawatir, selain makanan ini enak, isi dompet Anda tidak terlalu terkuras begitu banyak. Karena harga yang ditawarkan pada makanan ini sungguh sangat terjangkau sekali.

Docang

4. EMPAL GENTONG
Empal gentong khas Cirebon
 Makanan besar ini wajib dicicipi bagi para pelancong yang ingin berwisata ke Cirebon. Karena makanan ini sangatlah enak. Kenapa? dari kuah kuning yang berasal dari bumbu rempah-rempah dan juga jeroan sapi yang tentunya sangat digemari oleh semua lapisan masyarakat. Dari yang muda sampai yang tua. Yang khas pada makanan ini ialah jeroan sapi dan taburan daun kucai yang khas dari kota Cirebon. Empal gentong ini biasa didampingi dengan sambal kering, yang membuat rasa empal gentong ini menjadi lebih nikmat.

5. TAHU GEJROT
    Makanan atau jajanan khas yang satu ini, menggunakan kuah gula aren (gula Jawa) yang menjadi rasa tahu menjadi lebih nikmat. Makanan khas ini dapat ditemukan hampir di setiap sudut kota Cirebon. Makanan yang biasa dicampur dengan ulegan cabai, bawang merah ini sungguh terjangkau. Perlu bukti? Coba saja kunjungi Cirebon. Makanan ini tidak kalah bersaingnya dengan makanan junkfood yang terasa nikmat karena tambahan saus itu. Sudah murah enak pula. Just try it.
Tahu gejrot
Kelima makanan itu adalah sebagian dari makanan khas Cirebon yang terkenal di kota Cirebon dan juga lidah para pelancong ini. Tidak ada makanan yang tak enak di kota Cirebon ini, selagi makanan yang kita konsumsi itu tidaklah haram bagi lidah dan perut kita. Mungkin cukup sekian posting entri saya tentang makanan-makanan khas yang ditawarkan di kota Cirebon ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam entri saya kali ini, karena manusia tempatnya khilaf. Selebihnya saya ucapkan terima kasih telah melihat blog ku ini, dan juga khususnya postingan entri-ku ini. Doakan agar postingan-postingan berikutnya bisa ditulis lagi.. Amiin :)

written by: hamdan 3boyz
picture taken from: www.google.com

© 2010 Hamdan Hafizh - 3 boys information

5 komentar:

  1. (mba menyempatkan membaca blog-mu lagi ^_^)...Finally... Benar-benar dipenuhi janjimu... 'Berbicara Tentang Kota Cirebon' hahahaha.... Hamdan masih punya janji buat ngasih mba empal gentong lho...hehehe...

    BalasHapus
  2. heeemmm.gimana yah mba..meh bawa empal gentong..musti asem mba..

    BalasHapus
  3. coba deh hamdan buka warung semacam 'warteg' di Karangmalang ato di sekitar UNY, tapi isinya makanan khas cirebon, nti bakal laris deh...(hahaha...ngarang!... Bisnismu apa emange?

    BalasHapus
  4. hahaha..ntar mba yang ngasistenin yah mba? hahah!

    BalasHapus
  5. Nasi jamblang beserta lauk-lauknya, jadi ingin menghabiskannya.

    BalasHapus